TIPS UNTUK MEMBACA TREND DALAM BISNIS FASHION

Secara garis besar, tren fashion adalah mode pakaian ataupun perhiasan yang populer dalam jangka waktu tertentu (Umboh, Mananeke, & Samadi, 2018). Tren tersebut akan berubah sesuai dengan zamannya. Apabila pemilik bisnis di bidang fashion kurang memiliki pengetahuan untuk membaca tren fashion bisa saja bisnis yang dijalani tidak sesuai target pasar. Maka dari itu, artikel Elmodista kali ini akan membahas tips untuk membaca tren dalam bisnis fashion agar menghasilkan produk yang baru dan sesuai target pasar. Kira-kira apa saja tips nya? Yuk, simak artikel ini hingga selesai ….

  • Memanfaatkan Google Trend untuk analisis
Gambar : Analisis trend
Sumber : www.pinterest.com

Google trend merupakan platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari data serta grafik mengenai topik yang sedang marak dicari. Layanan ini dapat dimanfaatkan secara gratis untuk menganalisis tren. Grafik tren pencarian produk terkait pun akan otomatis muncul dan bisa digunakan untuk dianalisis. Kamu bisa mengakses lama trens.google.co.id dan ketik kata kunci terkait produk fashion.

  • Memanfaatkan Marketplace
Gambar : Analisis pada marketplace
Sumber : www.pinterest.com

Kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk melakukan riset dan analisis tren fashion. Kamu dapat mencari pada bagian “produk terlaris” diberbagai marketplace. Selain itu kamu juga dapat melakukan observasi secara langsung pada toko yang menjual produk fashion. Dari situ kamu akan mengetahui produk apa saja yang banyak diminati.

  • Mengamati Kompetitor
Gambar : Mengamati kompetitor
Sumber : www.pinterest.com

Mengamati competitor bukan berarti untuk menjiplak karya mereka. Namun, bertujuan untuk acuan mengetahui tren dan analisis strength, weakness, opportunity, dan threats (SWOT). Dari situ kamu dapat menciptakan produk baru dan lebih inovatif serta dengan penawarna yang lebih baik dari competitor.

  • Menerima Kritik dan Saran
Gambar : Menerima kritik dan saran konsumen
Sumber : www.pinterest.com

Suatu bisnis memerlukan kritik dan saran dari target pasar maupun  konsumen agar bisnis yang dijalani kedepannya menjadi lebih baik. Maka dari itu, dengarkan pendapat dan berikan apresiasi positif jika konsumen memberikan saran yang membangun.

  • Observasi Situs dan Majalah Fashion
Gambar : Observasi situs dan majalah fashion
Sumber : www.pinterest.com

Perubahan tren busana terjadi begitu cepat. Maka dari itu, manfaatkanlah situs dan majalah fashion untuk mengetahui tren yang sedang ramai dibahas.

Itu tadi merupakan tips untuk membaca tren dalam bisnis fashion. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa membaca tren pasar dapat dilakukan dengan berbagai cara dan perlu dilakukan secara berkala. Untuk meningkatkan kemampuan mu dibidang fashion, kamu juga dapat belajar tata busana di Elmodista Kursus Jahit loh ….



LEAVE A COMMENT