CARA MENCUCI PAKAIAN THRIFTING

Thrifting adalah kegiatan membeli barang bekas, salah satunya produknya yaitu pakaian bekas dari luar maupun dalam negeri yang dijual secara ecer hingga bal besar. Pakaian thrifting banyak digemari karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau dengan kualitas yang hamper sama dengan barang baru. Pakaian thrifting juga dianggap sustainable karena memperpanjang penggunaan suatu barang sehingga tidak langsung menjadi sampah.

Gambar : Toko thrifting
Sumber : www.pinterest.com

Tetapi, penggunaan pakaian thrifting harus dengan perlakuan khusus terutama saat mencuci. Hal tersebut karena pakaian thrifting merupakan barang bekas yang biasanya penuh bakteri dan kotoran yang tidak bisa langsung hilang dengan pencucian biasa. Simak artikel ini hingga selesai, untuk mengetahui cara mencuci pakaian thrifting dengan tepat.

  1. Rendam dengan air panas

Merendam pakaian thrifting dengan air panas akan membantu menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel. Rendam dengan air panas selama 10-15 menit hingga air berubah warna tergantung kotoran yang menempel pada pakaian thrifting. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa menggunakan detergent.

Gambar : Merendam baju
Sumber : www.google.com

2. Gunakan antiseptic

Selain merendam dengan air panas, kamu juga bisa menggunakan cairan antiseptic setelah direndam air panas. Antiseptic berguna untuk membunuh kuman pada pakaian thrifting.

Gambar : Menuang antiseptic
Sumber : www.google.com

3. Mencuci dengan detergent dan pewangi pakaian

Menggunakan detergent dan pewangi pakaian dilakukan agar membantu untuk menghilangkan bau apek pada pakaian. Jangan lupa untuk merendamnya juga ya! Namun jika bau apek masih menempel, kamu bisa menambahkan cuka putih ataupun soda kue saat merendamnya.

Gambar : Memakai detergent
Sumber : www.google.com

4. Mencuci dengan cara manual

Mencuci dengan cara manual atau menggunakan tangan akan lebih efektif untuk memastikan noda tidak menempel pada pakaian. Biasanya label pada pakaian bekas sudah tidak ada, maka dari itu disarankan untuk mencuci pakaian thrifting dengan cara manual agar menghindari kerusakan pada pakaian tersebut.

Gambar : Mencuci dengan cara manual
Sumber : www.google.com

5. Jemur pakaian thrifting dibawah sinar matahari

Setelah pakaian thrifting mu di cuci, kamu dapat mengeringkannya langsung dibawah sinar matahari. Sinar matahari dapat membantu untuk mematikan kuman yang masih menempel pada pakaian thrifting. Saat menjemur pastikan pakaian dalam posisi sudah dibalik agar tidak merusak warna asli pakaian tersebut.

Gambar : Jemur pakaian di bawah sinar matahari
Sumber : www.google.com

Itu di acara mencuci pakaian thrifting, sangat mudah kan? Jika kamu memiliki saran atau kritik untuk artikel Elmodista, kamu bisa komen dikolom komentar ya! Selamat mencoba…..



LEAVE A COMMENT