TIPS MEMULAI BISNIS HIJAB DENGAN BRANDING SENDIRI

Beberapa pelaku usaha fashion membidik momen bulan Ramadan dan Idul Fitri untuk meningkatkan volume penjualan produknya. Dengan potensi keuntungan yang besar, tidak mengherankan jika sebagian orang memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis  fashion di Indonesia, salah satunya adalah hijab.

Jika kalian ingin merintis bisnis hijab dengan brand sendiri, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain :

Riset bahan dan model

Jika telah berkomitmen memulai usaha di bidang fashion, kalian harus siap beradaptasi dengan perkembangan trend yang berubah dengan cepat. Lakukan riset untuk melihat model, warna, cara promosi dan harga hijab yang banyak diminati pasar. Jilbab segi empat, pashmina, dan hijab instan menjadi tiga jenis produk yang bertahan lama di pasaran. Kalian bisa memproduksi salah satu dari tiga jenis hijab tersebut sebagai produk utama. Agar produk bisa bersaing dengan brand lain, riset bahan kain juga perlu dilakukan. Pengguna hijab tentu tidak hanya mempertimbangan model saja, tapi juga kenyamanan bahan saat dikenakan. Kalian bisa pilih bahan katun, rayon, linen, dan sifon sebagai bahan utama produksi.


Siapkan modal usaha

Memulai usaha tidak selalu memerlukan modal besar. Usaha bisa dirintis dari skala kecil sesuai jumlah modal yang dimiliki. Setelah arus kas bisnis berjalan lancar, kalian bisa mempertimbangkan pinjaman modal untuk memperbesar skala usaha. Sedangkan jika belum memiliki cukup modal untuk memulai brand sendiri, kalian bisa mulai dengan menjadi reseller produk lain. Dengan ketekunan dan kesabaran, laba menjadi reseller bisa dikumpulkan menjadi modal usaha membuka bisnis sendiri.

Temukan supplier terbaik untuk produksi

Setelah modal dan konsep usaha sudah siap, mulailah mencari supplier kain untuk produksi hijab. Agar tidak kerepotan mencari dan membandingkan harga bahan, kalian bisa memanfaatkan teknologi. Pemilihan supplier yang tepat bisa membantu untuk menekan biaya pengadaan bahan baku, sehingga bisa membentuk harga produk yang bisa bersaing dengan brand-brand hijab lainnya.

Buatlah katalog produk berkualitas

Memiliki katalog produk yang jelas merupakan hal krusial untuk dimiliki oleh pelaku usaha yang baru mulai merintis. Katalog produk yang memperlihatkan detail warna dan produk dengan tampilan yang menarik dapat meningkatkan minat calon konsumen dalam memilih produk kalian.

Pasarkan produk di marketplace

Berjualan di marketplace bisa menjadi pilihan untuk memulai pemasaran. Selain tidak memerlukan modal besar untuk membuka toko, berjualan di marketplace dinilai bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli sesuai target pasar. Agar lebih mudah mengelola usaha, Anda bisa memanfaatkan layanan berbasis teknologi.  Tidak perlu ragu memulai usaha sendiri. Dengan rencana bisnis dan dukungan sistem yang tepat, usaha hijab yang dirintis bisa berkembang sesuai harapan.

Selamat mencoba ….



LEAVE A COMMENT