TIPS MEMILIH KAIN SAAT CUACA SEDANG PANAS

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki cuaca yang berbeda dengan negara-negara subtropis yang mempunyai empat musim dan variasi cuacanya lebih banyak. Hal itu juga mempengaruhi pemilihan kain yang direkomendasikan untuk dikenakan. Kira-kira apa saja ya?? Yukk simak tipsnya di bawah ini ….

Utamakan serat alami

Pilih bahan pakaian yang senyaman mungkin, khususnya ketika menghadapi cuaca panas. Utamakan pakaian berbahan serat alam, seperti linen atau katun. Linen atau katun memiliki kemampuan ‘bernapas’ karena sirkulasi udara mudah masuk melalui pori-pori material sehingga memberikan rasa sejuk dan nyaman saat digunakan.

Gambar : Kain katun
Sumber : www.pinterest.com

Hindari warna gelap

Warna yang gelap menyerap panas matahari lebih banyak daripada warna yang terang. Sebaiknya pilih warna terang seperti putih dan pastel untuk memantulkan cahaya matahari. Selain itu, warna pastel juga bisa membuat penampilan terlihat lebih segar.

Gambar : Dress putih
Sumber : www.pinterest.com

Pakai pakaian longgar

Pakaian yang longgar atau loose sangat cocok untuk cuaca panas. Dengan menggunakan pakaian longgar, sirkulasi udara dapat berlangsung dengan baik dan menciptakan rasa sejuk serta nyaman dibandingkan saat menggunakan pakaian yang ketat seperti jeans.

Gambar : Loose dress
Sumber : www.pinterest.com

Pilih lengan panjang saat siang

Pada siang hari terutama berkegiatan di luar ruang sebaiknya pilih pakaian lengan panjang atau yang menutupi tubuh. Dengan demikian, kulit tidak terpapar langsung dengan sinar UV. Kendati demikian, pilih bahan yang tipis dan menyerap keringat ya. Sementara saat malam, kamu bisa memakai pakaian yang lebih terbuka seperti tanktop atau daster tanpa lengan. Pakaian ini memilii sirkulasi udara yang baik dan menghindari lembab. 

Gambar : Ilustrasi pakaian lengan panjang
Sumber : www.pinterest.com

Hindari jeans

Denim adalah salah satu kain terberat. Jika kamu mengenakan jeans stretch atau skinny jeans, kulit akan sulit bernapas. Pakai celana berbahan katun atau linen yang ringan. Namun jika kamu tetap ingin mengenakan denim, pilihlah jeans yang longgar untuk memungkinkan sirkulasi udara.

Gambar : Hindari jeans
Sumber : www.pinterest.com

Pakai terusan

Pakaian dress bisa menjadi pilihan yang tepat khususnya saat cuaca panas agar lebih bebas bergerak. Kamu juga bisa memadukan dress dengan cardigan atau outerwear dengan bahan yang tidak terlalu tebal supaya tetap nyaman. 

Gambar : Ilustrasi dress dengan cardigan
Sumber : www.pinterest.com

Rekomendasi hijab

Bahan hijab sangat penting diperhatikan karena menjadi salah satu pakaian yang langsung terkena sinar matahari saat berkegiatan di luar. Kamu bisa memilih bahan hijab dengan tekstur yang ringan dan berpori supaya lebih mudah diatur. Siapkan pula hijab ekstra saat berkegiatan di luar untuk mengganti hijab akibat keringat ketika cuaca panas.

Gambar : Outdoor hijab
Sumber : www.pinterest.com

Semoga bermanfaat …..



LEAVE A COMMENT