INGIN MEMBANGUN BISNIS FASHION BERSAMA TEMAN ? HAL INI PERLU DIPERTIMBANGKAN !

Banyak peluang usaha yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis, salah satunya bisnis yang bisa kamu mulai adalah bisnis fashion. Bisnis ini bisa kamu kerjakan secara mandiri maupun kolaborasi dengan teman mu loh. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar lancar dalam berbisnis fashion dibawah ini.

1. Menerapkan jabatan

Kamu perlu menyepakati jabatan dengan rekan bisnismu agar semua berjalan sesuai porsinya. Jika pembagian peran dan tanggung jawab tidak jelas, hal ini akan membuat situasi menjadi keruh.

Gambar : Ilustrasi menerapkan jabatan
Sumber : www.google.com

2. Deskripsi pekerjaan

Jobdesk harus jelas dan rinci, perlu adanya struktur yang jelas aturan menjalaninya. Contohnya rekan menjadi tim operasional dan kita menjadi komisaris, setelah itu tentukan aturan dan jobdesknya. Sehingga dari situ tidak akan terjadi campur aduk jobdesk.

Gambar : Diskusi dengan rekan kerja
Sumber : www.google.com

3. Membagi keuntungan dengan jelas

Pembagian keuntungan harus jelas antara kita dan rekan bisnis. Tentukan pendapatan akan dibagi seperti apa, apakah ada reward atau bonus di akhir. Angka statisnya perlu direncanakan agar tidak ada yang merasa dirugikan dan dapat memotivasi untuk meningkatkan penghasilan serta keuntungan bisnis yang dibangun.

Gambar : Ilustrasi pembagian keuntungan dengan merata
Sumber : www.google.com

4. Transparansi laporan keuangan

Besar kecilnya pengeluaran dan pemasukan harus tercatat mengikuti SOP. Karena tidak jarang laporan keuangan tidak tercatat dengan jelas. Laporan keuangan yang baik adalah yang memiliki arus kas yang transparan dan terdeskripsi dengan jelas. Sehingga nantinya tidak akan menimbulkan konflik bagi bisnis karena data keuangan tidak sesuai.

Gambar : Ilustrasi laporan keuangan
Sumber : www.google.com

5. Mengikat badan hukum

Agar urusan bisnis menjadi lebih jelas, sebaikanya perlu adanya badan hukum dan notaris. Jika sewaktu waktu bisnis yang dijalankan memiliki keuntungan besar namun pembagiannya kurang merata maka akan menimbulkan konflik, hal ini dikarenakan tidak ada sistem pengendalian control.

Gambar : Ilustrasi pengendalian kontrol badan hukum
Sumber : www.google.com

Itu tadi hal yang perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis fashion dengan teman. Pastikan kamu cocok dengan visi, pandangan dan perspektif calon rekan kerja mu ya!



LEAVE A COMMENT