KAIN SONGKET PALEMBANG

Pembuatan motif pada kain songket Palembang, ada yang menggunakan motif benang emas penuh dan ada yang kosong pada bagian tengahnya, tetapi motifnya diberikan pada bagian tepi kain. Untuk membuat satu jenis kain songket di dalamnya bisa terdapat dua atau tiga motif kain,sehingga menghasilkan perpaduan gambar yang indah dan menarik.

Warna yang digunakan untuk mewarnai kain songket di dapat dari pewarna kesumbo, seperti warna hijau, ungu, merah anggur dan warna kuning dari kunyit, sedangkan untuk warna merah menggunakan kulit kayu sepang yaitu kulit kayu dari pohon sepang yang sudah tua. Warna ungu dapat juga dihasilkan dari kulit buah manggis. Semua yang digunakan untuk mewarnai kain songket berbahan dasar dari alam sehingga menghasilkan warna terang mencolok dan indah.

Ada beberapa motif yang terdapat dalam songket Palembang, diantaranya : motif bunga mawar yang melambangkan penawar malapetaka, motif bunga tanjung yang melambangkan keramahtamahan, bunga melati yang melambangkan kesucian, keanggunan dan sopan santun. Motif pucuk rebung yang melambangkan harapan baik.

Gambar : Salah satu motif Songket Palembang


LEAVE A COMMENT