MACAM LEBAR KARET ELASTIC

Elastis adalah bahan yang berbentuk pita yang fleksibel, terbuat dari karet inti yang dibungkus polyester, katun, nilon atau campuran serat benang. Serat pembungkus dikepang tenun atau dirajut bersama untuk memberikan berbagai ketebalan dan lebar dengan elastis. Benang elastis bisa menyempit dan jika ditarik bisa menjadi ekstra lebar.

Elastis dibuat dari getah lateks pohon karet. Namun saat ini elastis sudah dibuat dengan teknologi dan bahan yang lebih modern. Setiap elastis memiliki tingkat peregangan (stretchability) yang berbeda-beda.

Ukuran lebar elastis sendiri ada banyak, diantaranya yaitu mulai dari 4 mm, 5 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, 1,5 cm, 2cm, 2,5 cm, 3 cm, 4 cm, 5 cm, hingga ukuran lebar 15 cm. Kegunaan dari masing-masing ukuran ini juga berbeda – beda. Elastis dengan ukuran lebar 4mm sampai 10 mm biasa digunakan sebagai tali pada masker atau digunakan pada bagian ujung lengan untuk membuat sebuah kerutan pada lengan ataupun bagian lain pada baju. Elastis dengan lebar 1,5 cm hingga 5 cm bisa digunakan sebagai manset pada baju ataupun ban pinggang pada celana dan rok. Sedangkan ukuran 15 cm bisa digunakan sebagai obi. Dibawah ini adalah beberapa contoh ukuran lebar leastis.

Gambar : Elastic lebar 5 mm
Gambar : Elastic lebar 20 mm – 50 mm
Gambar : Elastic lebar 15 cm


LEAVE A COMMENT