KELEBIHAN BAHAN GORETEX

Butuh rekomendasi bahan jaket yang bagus untuk keperluan outdoor? Kalau ingin mendapatkan jaket yang mampu menahan dan melawan air dalam waktu bersamaan sekaligus tetap nyaman ketika dikenakan maka anda bisa memilih jaket yang dibuat dari bahan goretex sebagai material utamanya.

Bahan goretex termasuk ke dalam salah satu jenis bahan jaket yang terbuat dari beberapa lapisan bahan. Bahan tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga memberikan daya breathability yang baik sehingga tetap terasa nyaman dan tidak panas saat dikenakan.

Keunggulan bahan goretex terletak pada beberapa lapisan istimewa yang terdiri dari lapisan membran dan lapisan laminasi.

Lapisan Membran

Lapisan membran merupakan lapisan sangat tipis dari polytetrafluoroethylene yang diperluas (ePTFE). Lapisan ini memiliki lebih dari 9 miliar pori-pori per inci persegi. Dengan ukuran yang super kecil lapisan membran membuat air dan angin tidak dapat menembusnya. Lapisan membran mampu memberikan perlindungan yang lebih pada tubuh karena kedua faktor tersebut.

Lapisan Laminasi

Lapisan laminasi diperlukan untuk merekatkan lapisan membrane dengan lapisan textile penyusun suatu produk misal jaket atau produk-produk lainnya.

Bahan goretex dapat digunakan sebagai bahan macam-macam jaket seperti jaket bomber, jaket windbreaker, jaket varsity, dan jenis jaket lainnya. Jaket bomber juga dikenal dengan nama lain “flight jaket” umumnya memiliki ciri khas menggembung atau bulky. Jaket windbreaker tergolong ke dalam jenis jaket yang dapat digunakan untuk menahan terpaan angin dan hujan ringan. Jaket varsity merupakan model jaket yang biasa dibuat dengan dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan jadi tampilan yang dihasilkan terkesan lebih fashionable.

Gambar : Bahan goretex
Sumber : www.google.com

Kelebihan jaket yang menggunakan bahan goretex :

  • Cocok untuk cuaca ekstrim

Jaket goretex mampu memberikan perlindungan maksimal kepada penggunanya ketika melakukan aktifitas outdoor seperti mendaki gunung yang membutuhkan waktu berhari-hari dengan kondisi cuaca yang ekstrim.

  • Bahan lebih kedap air

Jaket yang dibuat dari bahan goretex akan tetap aman digunakan untuk segala medan karena bahan goretex sendiri dikenal sangat kuat dan tahan air.membran goretex memiliki pori-pori yang berukuran sangat kecil bahkan 20.000 kali lebih kecil dair tetes air sehingga mampu menciptakan lapisan kedap air. Meski keda air pori-pori tersebut juga memiliki 700 kali lebih besar dibandingkan molekul uanp air sehingga kelembababnnya tetap terjaga.

  • Ringan dan tetap hangat

Jaket goretex cenderung lebih ringan dibanding dengan tipe jaket lainnya namun tetap memberikan kehangatan lebih pada pemakainya karena memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan angin dan udara dingin

  • Kuat dan tahan lama

Jaket goretex terkenal sangat kuat dan tahan lama meski digunakan berkali-kali untuk jangka waktu yang panjang karena bahan goretex sendiri mamiliki ketahanan terhadap goresan yang lebih tinggi

  • Memiliki daya breathability

Selain kedap air dan memiliki kemampuan yang baik untuk menahan angin, jaket goretex juga memiliki daya breathability (kemampuan melepaskan uap pada tubuh dan mengalirkan udara panas akibat pernafasan tubuh) yang baik sehingga tidak panas saat dikenakan.

  • Lebih cepat kering

Jaket yang dibuat dan bahan goretex cenderung lebih cepat kering karena bahan goretex sendiri cenderung tidak menyerap atau mengikat molekul air. Jaket goretex tidak perlu dijemur dibawah cahaya matahari langsung. Dapat dikeringkan dengan cara diangin-anginkan saja di tempat teduh. Jika sudah kering jaket dapat disimpan dengan cara digantung menggunakan hanger.

Gambar : Kain goretex
Sumber : www.google.com



LEAVE A COMMENT