PERBEDAAN LIPIT, KERUT DAN JABOT

Hallo fashion peoples, pernah dengar istilah lipit, kerutan dan jabot, belum ? Masih bingung dengan bentuknya ? Nih, mimin akan sharing tentang informasi seputar perbedaan lipit, kerutan dan jabot. Simak selengkapnya artikel di bawah ini yaa ….

Lipit merupakan lipatan kain yang dibuat dengan menggandakan bahan itu sendiri sesuai pada tempat/polanya dan kemudian dipres atau dijahit. Lipit umumnya digunakan pada pakaian dan pelapis pakaian untuk mengumpulkan kelebihan kain pada bagian melingkar. Ada beberapa jenis lipit berdasarkan tajam atau tidaknya lipit itu. Jika lipit dipres, berarti bahwa lipit akan pipih dan jauh lebih tajam. Jika lipit tidak di pres, maka lipit akan jatuh lebih lembut atau bulat

Gambar : Lipit
Sumber : www.google.com

Kerutan adalah mengumpulkan dua atau lebih baris setikan mesin untuk menghias bagian dari pakaian dan lenan rumah tangga. Istilah ini tidak hanya digunakan dalam peristilahan pada pakaian namun diterapkan pula pada lenan rumah tangga. Kerutan dapat pula terdiri dari dua atau lebih baris kain dan dapat menjadi alternatif yang cantik dan feminin untuk pembuatan lenan rumah tangga contohnya tirai/korden, taplak meja, sarung bantal kursi, tirai panggung, penutup meja dsb.

Gambar : Kerutan
Sumber : www.google.com

Jabot merupakan aksesori pakaian dekoratif yang terdiri dari renda atau kain lain yang dijahitkan dari lekuk leher depan yang  digantung atau melekat pada kalung atau kerah; atau hanya disematkan di tenggorokan.  Jabot berevolusi mulai dari hiasan atau kerutan yang menghiasi bagian depan kemeja pada abad ke-19.

Gambar : Jabot
Sumber : www.google.com

Kini sudah tau kan tentang perbedaan ketiga istilah fashion di atas. Semoga bermanfaat ….



LEAVE A COMMENT