PERBEDAAN MOTOR MESIN JAHIT

Motor merupakan mesin yang didesain untuk merubah energi menjadi mesin penggerak. Ada banyaj sekali tipe dan jenis motor yang ada dipasaran, tetapi untuk mesin jahit yang umum digunakan adalah motor electric/motor listrik. Motor listrik menggunakan tenaga lisrik untuk menghasilkan energi mekanik/menggerakkan mesin, yang biasanya melalui proses interaksi magnetic dan konduktor mesin.

Jenis motor yang umumnya digunakan pada mesin jahit sebagai berikut :

1.Clutch Motor

Motor clutch merupakan perangkat mekanik yang bergerak dan membawa energi dari satu komponen ke komponen lainnya. Motor cultch juga berguna pada perangkat yang membutuhkan perputaran rotasi 2 shaf/komponen. Pada motor jenis ini, komponen pertama digerakkan oleh motor, dan komponen kedua dapat bergerak ketika komponen pertama bergerak, sehingga clutch motor merupakan perputaran 2 komponen yang bersamaan.

2.Servo Motor

Servo motor merupakan perangkat otomatis yang menggunakan sensor error , apabila terjadi kerusakan motor servo dapat memberkan peringatan pada pengguna, sehingga, dapat membantu pengguna dalam melakukan perawatan dan perbaikan. Servo motor saat ini sudah menggantikan posisi clutch motor, hal ini dikarenakan servo motor lebih murah dalam penggunaan daya, suara tidak berisik, dan menggantikan mesin clutch motor yang terkesan kuno.

3.Direct Drive

Motor direct drive merupakan mesin penggerak dengan energi dari motor tanpa penghantar lainnya (misalnya gear, rantai ataupun belt). Kelebihan motor direct drive antara lain :

  • Peningkatan efisiensi

Energi yang dihasilkan oleh motor direct drive tidak terbuang sia-sia pada proses gesekan/perputaran (seperti dari belt, rantai, gear maupun lainnya)

  • Tidak bising

Menjadi motor penggerak paling sederhana, membuat motor ini menjadi mesin penggerak dengan sedikit getaran dan tidak bising

  • Usia penggunaan lebih panjang

Motor dengan mesin penggerak sederhana membuat motor ini memiliki sedikit bagian yang bergerak, sehingga kerusakan part cenderung lebih rendah.

  • Tidak memerlukan perawatan untuk pelumasan


LEAVE A COMMENT