PENGGOLONGAN BUSANA BERDASARKAN KESEMPATAN

Busana merupakan segala sesuatu yang dikenakan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Berbusana merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia. Hal yang paling penting dalam berbusana yakni dapat menjaga tubuh dan nyaman saat dipakai. Selain itu, pemilihan busana juga diperhatikan berdasarkan kesempatan tertentu. Kira-kira apa saja ya, penggolongan busana berdasarkan kesempatan itu ? Yuk, cek di bawah ini, yaa…

1.Busana kerja

Busana ini dikenakan saat kita bekerja. Saat memilih busana ini, sebaiknya kita pilih busana yang sopan dan rapi. Memilih busana kerja juga harus sesuai dengan pekerjaan kita.  Busana kerja kantoran bagi seorang wanita biasanya terdiri dari celana/ rok, blus, dan kemeja, sedangkan bagi pria biasanya terdiri dari jas, kemeja dan celana

Gambar : Busana kerja wanita

Sumber : www.google.com 

Gambar : Busana kerja pria

Sumber : www.google.com

2. Busana sekolah/kuliah

Busana ini dipakai pada saat sekolah. Pada sekolah TK, SD, SMP, dan SMA biasanya ada seragam yang modelnya sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Tetapi pemilihan busana untuk kuliah sebaiknya yang sopan, rapi, memakai celana atau baju yang tidak terlalu ketat dan tidak transparan. Hindari memakai kaos oblong. Pakailah kemeja atau baju berkerah dan juga sepatu.

Gambar : Desain busana sekolah di Jepang

Sumber : www.google.com

3. Busana santai/rekreasi

Busana ini dipakai saat kita sedang bersantai atau berekreasi. Saat kita bersantai, sebaiknya memilih busana yang berdesain sederhana tetapi tetap terlihat stylist.

Gambar : Busana santai

Sumber : www.google.com

4. Busana pesta

Busana ini dipakai untuk menghadiri acara pesta. Pemilihan busana pesta juga harus memperhatikan waktu, karena hal itu juga sangat mempengaruhi desainnya juga Busana pesta sengaja dipilih dengan desain yang mewah dan glamour.

Gambar : Busana pesta untuk sore/ malam hari

Sumber : www.google.com 

5. Busana olahraga

Merupakan busana yang dikenakan saat berolahraga. Busana ini menggunakan bahan yang menyerap keringat dan juga tidak panas saat dipakai. Pakaian olahraga bisa bervariasi, seperti pendek atau panjang, full warna atau hitam putih. Pemilihan busana olahraga juga harus disesuaikan dengan jenis olahraga tersebut agar terasa nyaman dan fleksibel.

Gambar : Busana olahraga

Sumber : www.google.com 

6. Busana khusus

Busana ini dikenakan pada waktu khusus, misalnya: saat pesta kostum, pernikahan atau saat karnaval

Gambar : Busana pengantin wanita

Sumber : www.google.com

Nah, sudah tau, kan macam-macam penggolongan busana berdasarkan kesempatan. Semoga bermanfaat…



LEAVE A COMMENT