PENEMU MESIN JAHIT

Apakah kalian tau siapa penemu mesin jahit? Jawabannya adalah Elias Howe yang dikenal dunia sebagai penemu dari mesin jahit pertama. Mesin jahit merupakan suatu alat mekanis yang diciptakan untuk mempermudah manusia dalam menjahit.

Elias Howe lahir di di Kota Spencer, wilayah Massachusetts, Amerika Serika pada tanggal 9 Juli 1819. Saat berusia 16 tahun, Elias Howe yang tak tamat sekolah, diterima kerja di pabrik tekstil lokal sebagai magang ahli mesin. Di pabrik tekstil tersebut, minat dan bakatnya berkembang dengan pesat. Elias Howe menikah pada tahun 1840. Karena sering sakit, maka istrinya harus menjahit pakaian untuk mencukupi kebutuhan hidup. Saat mengamati istrinya sedang menjahit, ia berpikir tentang alat yang dapat meniru gerakan tangan dan lengan saat menjahit. Alat itu harus menerapkan  proses yang memakai benang dari dua sumber berbeda. Saking seriusnya berpikir, pemikiran mengenai ide mesin jahit itu sampai terbawa mimpi. Dalam mimpinya itu,  perutnya ditusuk oleh seorang kanibal dengan tombak. Bentuk ujung tombak inilah yang dijadikan inspirasi oleh dia untuk menciptakan jarum yang telah lama ia cari.

Elias Howe kemudian mencoba menyalurkan idenya untuk membuat mesin jahit. Selama lima tahun ia bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya. Namun mesin jahit pertamanya gagal karena tidak sesuai dengan harapannya. Musibah juga menimpanya saat bengkelnya hangus terbakar dan menghanguskan mesin jahit pertama ciptaannya. Bencana itu tidak membuatnya frustrasi, justru ia berusaha bangkit kembali dan mencoba membuat mesin jahit keduanya. Pada tahun 1844 ia berhasil membuat mesin jahit dan menciptakan lubang jarum terletak di ujung jarum seperti mesin jahit yang ada sekarang ini. Sebagian besar literatur menyebutkan, mesin jahit karya Howe mampu menjahit 250 setik (jengkal) per menitnya. Elias Howe pun kemudian menguji coba mesin jahit karyanya dengan bertanding dengan gadis yang menjahit dengan tangan.

Gambar : Elias Howe

Sumber : www.google.com

Walaupun  mesin jahit Howe bekerja lebih cepat dan lebih rapi. Tetapi, saat itu tidak ada satu pun orang Amerika yang mau membeli mesin jahitnya. Hal itu dikarenakan mesin jahitnya masih terlihat sangat rumit dan dampaknya akan menimbulkan banyak pengangguran. Setelah mematenkan temuannya pada 1846, ia menjual patennya kepada seorang warga Inggris, William Thomas pada 1847 seharga 250 poundsterling.
Namun setelah penemuannya, Howe dihadapkan pada masalah ketika banyak pengusaha yang mencuri ide mesin jahit miliknya dan menjual dengan bebas. Begitu juga dengan pengusaha Isaac M. Singer. Hingga akhirnya Elias Howe berjuang keras atas hak patennya. Dan menuntut Isaac M. Singer dan memenangkan hak patennya pada tahun 1854.

Maka atas kekalahan itu, Isaac Singer harus membayar royalti paten Elias Howe. Ketika hak patennya berakhir pada 1867, ia mendapatkan royalti dari tiap mesin jahit yang terjual di Amerika Serikat dan sejak 1856 ia menetapkan royalti 5 dolar AS untuk setiap satu mesin jahit yang dibuat di AS dan satu dolar untuk di luar AS.  Dan ia pun menjadi seorang jutawan yang membuat pabrik mesin jahit bernama Howe Machine Company di Bridgeport, Connecticut. Isaac Singer terpaksa mengembalikan 15 ribu US dolar royaltinya.

Gambar : Isaac M. Singer

Sumber : www.google.com

Nah sekarang kalian sudah tau kan siapa dan bagaimana mesin jahit ditemukan ? Semoga bermanfaat yaa..



LEAVE A COMMENT