MACAM – MACAM SAKU PADA BUSANA

Saku adalah bagian penting dari sebuah pakaian. Keberadaannya memberikan kemudahan bagi si pemakai, untuk menyimpan atau meletakkan sesuatu sementara. Tapi tidak semua pakaian menggunakan saku. Fungsi lain dari saku adalah sebagai pemanis. Saku didesain untuk mempercantik sebuah pakaian. Tak jarang saku yang berfungsi hanya sebagai pemanis tidak memiliki fungsi sebagai penyimpanan. Hal ini sudah bisa terlihat dari ukurannya yang kecil. Saku juga punya banyak jenis atau macamnya, apa kalian sudah tau? Kali ini kita akan bahas macam-macam saku yang lazim digunakan dalam pakaian..

  1. Saku Tempel

Sesuai namanya, sifat saku ini hanya ditempel atau tidak melubangi bagian bahan utamanya. Saku ini biasanya terdapat pada t-shirt dan kemeja, baik untuk kemeja formal (seperti seragam sekolah) atau kemeja non formal. Nah saku tempel pun ada 2 macam, yakni tanpa klep (tutup saku) dan memakai klep.

Gambar : Saku tempel tanpa klep

Sumber : www.pinterest.com 

Gambar : Saku tempel memakai klep

Sumber : www.pinterest.com

2. Saku Safari

Biasanya digunakan pada seragam resmi para PNS atau juga pada seragam safari.

Gambar : Saku safari

Sumber : www.pinterest.com

3. Saku Passpoille

Saku ini memiliki belahan dua lajur (atas dan bawah), bagian tengahnya dibuat untuk tempat memasukkan tangan. Saku model ini bisa menggunakan tutup (klep) atau tidak. Biasanya diterapkan pada blus, kemeja, atau celana, sedangkan bagian kantungnya berada didalam/dibagian buruk kain.

Gambar : Saku Passepoille

Sumber : www.pinterest.com

4. Saku Vest

Saku ini memiliki belahan satu lajur (bawah), dan dapat juga ditambahkan tutup (klep). Saku model ini biasanya diterapkan pada jas, kemeja, jaket, ataupun celana. Sama dengan saku passpoile, kantung saku vest berada didalam/dibagian buruk kain.

Gambar : Saku vest tanpa tutup (klep)

Sumber : www.pinterest.com

Gambar : Saku vest dengan tutup (klep)

Sumber : www.pinterest.com

5. Saku Sisi / Samping

Saku ini berada di sisi pakaian atau busana. Saku sisi ada yang berada tepat pada garis sisi dan ada pula yang berada agak masuk kebagian dalam. Saku sisi yang berada tepat pada garis sisi, banyak digunakan pada pakaian wanita, rok dan kadang ada juga pada celana pantalon. Bagian saku dapat menggunakan bahan yang sama dengan bahan utama namun dapat pula menggunakan bahan pelapis, sedangkan untuk bagian sisi harus menggunakan bahan yang sama dengan bahan utama karena bagian sisi merupakan bagian dari pakaian itu sendiri.

Gambar : Saku sisi/samping

Sumber : www.pinterest.com

Gambar : Saku sisi/samping pada celana pantalon

Sumber : www.pinterest.com

6. Kangaroo Pocket

Biasanya terdapat pada saku sweater. Karena bentuknya dan posisinya yang seperti kantung kangaroo, maka diberi nama kangaroo pocket.

Gambar : Kangaroo Pocket

Sumber : www.pinterest.com

Sekarang sudah tau kan, apa saja macam-macam saku yang lazim digunakan? Semoga bermanfaat yaa…



LEAVE A COMMENT