MACAM KELIM PADA BUSANA – BAGIAN I

Menjahit adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Dalam proses jahit menjahit, banyak sekali istilah dan teknik yang digunakan. Salah satu diantaranya adalah kelim. Nah, sudah tau istilah kelim, belum ? Kira-kira, macamnya ada apa saja ya ? Daripada penasaran, yuk cek artikel di bawah ini… 

Kelim adalah lipatan jahitan pada tepi busana (KBBI). Kelim bisa diselesaikan dengan cara melipat, menggunakan obras, jahitan dengan potongan zig zag, ataupun dengan bantuan bias tape (bisban), dan renda-renda.

Gambar : Macam-macam penyelesaian kelim pada tepi busana.
Sumber : www.google.com

Kelim bisa ditemukan pada penyelesaian tepi bawah rok, kemeja, lengan baju, dan bagian bawah celana. Adapun macam-macam kelim yang sering dipakai di dunia jahit menjahit, antara lain :

  1. Keliman obras / kelim sumsang

Kelim obras sangat sering dipakai. Kelim ini menggunakan obras sebagai penyelesaiannya. Untuk benang yang dipakai, biasanya menggunakan warna benang yang sama dengan warna kain.

Gambar : Kelim obras
Sumber : www.google.com

Kelim Bias tape/ kelim yang di rompok

Kelim ini diselesaikan dengan bantuan bias tape / bisban. Kelim ini bisa dilihat pada penyelesaian jas atau bahan tebal.

Gambar : Kelim bias tape
Sumber : www.google.com

Kelim tindas

Penyelesaian kelim tindas selalu dijahit dengan mesin. Kelim tindas banyak dipakai pada pinggiran kemeja, piyama, rok atau blus.

Gambar : kelim tindas
Sumber : www.fitinline.com 

Kelim krill/ kelim bulat

Kelim krill diselesaikan dengan mesin. Penggunaan kelim ini banyak dipakai pada tepi busana pesta, gaun dengan bahan yang tipis, seperti bahan sifon, voile, satin.

Gambar : kelim krill
Sumber : www.fitinline.com

Gimana, sudah tau kan beberapa kelim yang sering dipakai dalam menjahit busana. Selamat mencoba



LEAVE A COMMENT