MACAM KAIN KATUN

Selain kain linen yang banyak macamnya, kain katun pun juga banyak macamnya. Kira-kira apa saja ya ? Yuk simak penjelasannya di bawah ini ….

  1. Katun Toyobo

Katun ini mempunyai serat tekstil yang halus sehingga akan mengikuti lekuk tubuh si pemakai dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman saat dipakai untuk beraktivitas.

Gambar : Katun Toyobo

Sumber : www.mizutex.com

  1. Katun Ima

Disebut juga sebagai katun ima slub. Katun ini memiliki permukaan kain yang halus dan polos. Sesuai dengan namanya, “slub”, maka akan terlihat tekstur benang yang saling silang pada permukaan kainnya. Kain ini merupakan salah satu produk impor dari Jepang. Biasanya dipakai untuk menjahit seragam, baju koko, jilbab dan gamis syar’i.

Gambar : Katun Ima

Sumber : www.mizutex.com

  1. Katun Jepang

Katun Jepang memiliki warna yang tidak mengkilap dan tekstur kainnya yang lembut sehingga nyaman untuk aktivitas sehari-hari. Kain ini biasanya dipakai untuk menjahit blus ataupun kemeja.

Gambar : Katun Jepang

Sumber : www.google.com

  1. Katun Bangkok

Katun Bangkok memiliki kualitas yang sedikit lebih rendah dibanding katun lainnya dan biasanya dijumpai untuk menjahit mukena.

Gambar : Katun Bangkok

Sumber : www.google.com

  1. Katun Cina

Katun Cina sekilas mirip dengan katun Jepang hanya saja mutu kain ini ada di bawahnya katun Jepang. Kain ini biasanya dijumpai untuk menjahit sprei atau sarung bantal.

Gambar : Katun Cina

Sumber : www.google.com

  1. Katun Minyak

Tekstil katun minyak memiliki serat yang tidak tebal, jadi akan menipis jika sudah melalui beberapa kali pencucian. Kain ini biasanya digunakan untuk menjahit gamis dan kemeja.

Gambar : Katun Minyak

Sumber : www.google.com

  1. Katun Paris

Memiliki tekstur bahan yang tipis dan sedikit menerawang sehingga banyak dipakai untuk pembuatan hijab.

Gambar : Katun Paris

Sumber : www.google.com

  1. Katun Rayon

Biasaya dipakai untuk pembuatan baju wanita ataupun inner blus, sebab saat dikenakan kain ini terasa nyaman di kulit dan menyerap keringat.

Gambar : Katun Rayon

Sumber : www.google.com

  1. Katun Silk Sutra

Memiliki tekstur yang lembut, ringan, licin dan dingin. Kain ini biasanya dipakai untuk pembuatan gaun malam.

Gambar : Katun Silk Sutra

Sumber : www.google.com

  1. Katun Madinah

Merupakan salah satu jenis katun yang memiliki karakteristik ringan, jatuh, dan tidak menerawang serta menyerap keringat, sehingga cocok dikenakan di daerah tropis.

Gambar : Katun Madinah

Sumber : www.mizutex.com

Gimana, sudah tau kan, macam-macam kain katun. Semoga bermanfaat…..



LEAVE A COMMENT