KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN JAHIT

Mesin jahit merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang biasa dimiliki oleh perempuan. Namun tidak semua perempuan memiliki dan bisa menggunakan peralatan mesin jahit ini. Hanya yang pandai menjahit atau mempunyai skill menjahit yang akan menempatkan mesin jahit mereka di salah satu sudut rumah. Bagi orang yang ingin belajar menjahit, mesin jahit harus dan wajib dimiliki karena untuk kelancaran proses belajar menjahit mereka. Namun, mesin jahit yang ada dipasaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa aja sih kelebihan dan kekurangannya? Yuk kita bahas satu persatu..

  1. Mesin Jahit Manual

Kelebihan :

Mesin Jahit manual atau biasa juga disebut mesin jahit klasik ini memiliki hasil jahitan yang rapat, rapi, dan kecil.Hal itulah yang membuat bahan kain yang dijahit terlihat lebih bagus dan berkualitas tinggi.Biasanya mesin jahit ini digunakan untuk menjahit kain-kain yang halus, seperti lace, brocade, sutra, atau chiffon. Mesin jahit seperti ini pun masih sering dipakai di butik maupun penjahit rumahan. Selain itu mesin jahit manual ini bisa digunakan tanpa listrik. Jadi kalaupun listrik padam, mesin ini tetep bisa dipakai.

Kekurangan :

Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki, mesin jahit ini cuma punya 2 kekurangan. Kecepatan mesin ini cukup rendah, tergantung kecepatan kaki kita mengayuh pedal mesin jahit ini. Ya kalau capek sudah pasti semakin pelan kayuhannya. Selain itu, mesin jahit ini hanya bisa menjahit lurus, untuk jahitan variasi masih bergantung pada gerakan tangan penjahit Namun mesin jahit manual ini bisa lho dimodifikasi agar kecepatannya sedikit bertambah, yaitu ditambahkan dinamo dengan daya rendah sekitar 100 watt.

Gambar : mesin jahit manual

Sumber : www.google.com 

2.Mesin Jahit Portable

Kelebihan :

Mesin jahit portable ini mudah dibawa dan dipindahkan kemana saja tanpa membutuhkan meja permanen seperti mesin jahit klasik. Berat mesin jahit portable ini sekitar 2 – 4kg, selain itu bentuknya pun ramping dan desainnya juga lebih modern. Mesin jahit portable memiliki fitur dan fungsi beraneka ragam. Memiliki banyak pilihan pola jahitan seperti pola jahit zig-zag dan atau pola jahit berbentuk bulan sabit. Mesin jahit portable ini juga menggunakan daya listrik yang rendah, setara daya listrik setrika. Karena mesin jahit ini memiliki desain yang modern, tidak heran banyak anak muda yang memilih untuk memakai mesin jahit ini ketimbang memakai mesin jahit manual atau klasik.

Kekurangan :

Seperti layaknya mesin jahit manual atau klasik, mesin jahit ini pun memiliki kekurangan di kecepatan penggunaannya. Body dari mesin jahit ini pun tidak sepenuhnya dari besi, jadi rentan kena benturan. Selain itu mesin jahit portable bergantung pada aliran listrik untuk menjalankannya. Jika listrik padam secara otomatis mesin jahit tersebut tidak dapat digunakan. Mesin jahit ini juga agak sulit digunakan untuk menjahit beberapa jenis kain yang memiliki tekstur dan karakteristik tertentu, salah satunya untuk kain yang bersifat stretch dan jeans.

Gambar : Mesin jahit portable

Sumber : www.google.com 

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mesin jahit manual dan mesin jahit portable. Semoga bermanfat..



LEAVE A COMMENT