JENIS BAHAN TEKSTIL

Sudah taukah kalian, jika bahan tekstil yang dijual di pasaran, ternyata banyak jenisnya lho… Yuk cek artikelnya di bawah ini ….

Bahan tekstil merupakan bahan yang terbuat dari serat yang diolah menjadi benang ataupun kain. Setelah menjadi benang ataupun kain, selanjutnya bahan ini digunakan sebagai bahan pembuatan busana dan bermacam-macam produk kerajinan lainnya. Pada dasarnya bahan tesktil dikelompokkan menjadi beberapa jenis, diantaranya :

  1. Berdasarkan jenis produk atau bentuknya, seperti: serat stapel, serat filamen, benang, kain, pakaian atau busana dan bermacam-macam produk kerajinan.

Gambar : serat stapel

Sumber : www.google.com

2. Berdasarkan jenis bahannya, seperti: serat alam, serat campuran dan serat sintesis

Gambar : serat alam

Sumber : www.google.com

3.Berdasarkan jenis motif atau warnanya, seperti: putih polos, berwarna-warni dan  memiliki motif atau gambar.

Gambar : kain katun bermotif

Sumber : www.google.com

4.Berdasarkan jenis kontruksinya, seperti: rajut, tenun, renda, kempa. Ada juga yang dengan cara benang tunggal dan benang gintir.

Gambar : tenun

Sumber : www.google.com

Pengetahuan seputar jenis, sifat, dan pengertian bahan tekstil juga diperlukan untuk bisa mengenali, memilih, memproduksi, menggunakan dan merawat berbagai macam produk tekstil, seperti serat, benang, kain, pakaian dan produk kerajinan lainnya.

Karakteristik dan sifat dari bahan tekstil sangat ditentukan oleh sifat serat penyusunnya dan proses pengolahannya. Contohnya: mulai dari serat dipintal menjadi benang dan dari benang lalu ditenun menjadi lembaran kain. Kemudian dilakukan proses penyempurnaan hingga menjadi siap pakai.



LEAVE A COMMENT