ISTILA UMUM DALAM JAHIT MENJAHIT

Ketika memulai belajar menjahit, maka secara nggak langsung juga harus mengenal beberapa istilah dan kata-kata yang sering digunakan ketika berhadapan dalam proses menjahit. Mungkin sebagian dari kalian ada yang nggak begitu perduli dengan istilah-istilah yang ada dalam dunia perjahitan, “istilah nggak penting, yang penting saya bisa jahit”, begitulah pembelaannya. Tapi, dengan tau istilah-istilah dalam dunia jahit bisa mempermudah kita sebagai pemula untuk bisa lebih memahami dunia jahit menjahit. Nah dibawah ini ada beberapa istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia jahit menjahit..penasaran? Yuk kita simak…

  1. kampuh

Ketika menyatukan bagian-bagian potongan kain dalam pembuatan busana misalnya menyatukan bahu muka dengan bahu belakang, sisi kiri muka dengan sisi kanan belakang maka sisa sambungan disebut kampuh. Jadi kampuh terletak antara garis jahitan hingga tepi potongan (pola) kain. Lebarnya antara 1,5cm – 2 cm

  1. Kupnat

Adalah lipatan pada pakaian, biasanya dijahit membujur pada pinggang yang dimaksudkan supaya hasil jahitan bisa membentuk bodi atau mengikuti bentuk tubuh.

  1. Keliman

Proses penyelesaian jahitan dibagian bawah yaitu bagian tepinya, misal bagian bawah rok, pinggiran bawah blouse atau kemeja, ujung lengan baju dan bagian bawah celana. Penyelesaiannya ada bermacam macam, diantaranya dengan cara dilipat 2 kali lalu dijahit, diobras lalu dilipat dan dijahit, di soom (jahit tangan), dineci atau wolsum, atau dipotong dengan gunting zigzag, dijahit dengan bias tape/kain serong dan lain lain.

  1. Sengkelit

Sengkelit adalah rumah kancing berupa tali yang di buat dari kain serong. Biasanya digunakan sebagai rumah kancing pada kebaya.

  1. Furing/Bahan pelapis (Lining)

Untuk menutupi bagian dalam pakaian, disebut juga lapisan terakhir. Memberikan rasa nyaman hangat dan kehalusan terhadap kulit serta memberikan efek siluet yang sesuai.

  1. Rompok

Rompok fungsinya untuk penyelesaian pada garis leher, pada ujung lengan atau pada tempat lain dengan menggunakan kain serong untuk membalut tepi kain. 

Gambar : Rompok pada bagian kerung leher

Sumber : Dokumen pribadi Elmodista

  1. Depun/teknik lapisan singkap

Adalah penyelesaian tepi busana dengan melapisi pinggiran kain dengan menggunakan kain lain yang dipotong sama dengan bentuk kain yang hendak dilapisi. Letaknya ada dibagian dalam (tidak terlihat dari luar).  Misalnya seperti pada bagian leher, jika yang akan dilapisi bundar maka depunnya bundar juga. Bila segi empat maka depunnya juga segi empat. Lebar depun antara 3- 4 cm, atau sesuai keinginan. Depun biasa digunakan pada leher dan lubang lengan pada baju sleeveless(tanpa lengan).

Gambar : Depun pada bagian kerung leher

Sumber : Dokumen pribadi Elmodista

  1. Serip

Hampir seperti depun, hanya saja hasil lapisannya menghadap ke luar. Selain berfungsi untuk menyelesaikan tepian busana, serip juga dapat berfungsi untuk hiasan atau variasi, karena dapat juga menggunakan bahan kain dan warna yang berbeda. Sering digunakan pada garis leher, kerung lengan, ujung lengan ataupun pinggir dan bawah rok.

Gambar : Serip pada bagian kerung leher

Sumber : Dokumen pribadi Elmodista

  1. Soom

Teknik penyelesaian kampuh dengan tusuk segitiga.

Gambar : Teknik penyelesaian soom

Sumber : Dokumen pribadi Elmodista

  1. Spul (Bobbin)

Bagian mesin jahit yang berfungsi sebagai pengisi benang bawah.

Gambar : Spul (Bobbin)

Sumber : www.google.com 

  1. Sekoci 

Tempat meletakkan spul atau rumah spul

Gambar : Sekoci

Sumber : www.google.com

  1. Rampel
    Rampel adalah kerutan-kerutan pada kain yang sengaja dibuat dengan berkerut untuk tangan yang dipasang manset, untuk pinggang yang dibuat lebih bervolume, dll.

Gambar : Rok dengan rampel

Sumber : www.google.com 

Nah itulah kamus istilah yang sering di gunakan dalam dunia menjahit, tentu saja masih banyak istilah-istilah lainnya. Semoga bermanfaat yaa…



LEAVE A COMMENT