CARA MEMASANG KANCING

Bagi kalian yang suka jahit, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kancing. Kancing berfungsi sebagai penutup atau pembuka pada busana, biasanya terletak di bagian depan. Memasang kancing dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan dijahit tangan atau mesin, tergantung dengan jenis kancingnya. Untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini yaa…

  1. Cara memasang kancing lubang dua dan empat

Adapun teknik memasang kancing jenis ini yakni tentukan letak kancing dengan membuat tusuk awal terlebih dahulu lalu sisipkan ujung benang di antara dua kain dengan membuat satu atau dua tusukan kecil sebagai penguat. Pasang kancing dengan meletakkan jarum pentul untuk memberi kelonggaran pada kain yang tebal sebagai penyangga atau pengganti kaki kancing. Tusukkan jarum jahit melalui kancing sampai menembus ke dalam kain, lakukan beberapa kali lilitan, setelah selesai ambil jarum yang telah digunakan untuk penyangga. Belit-belitkan benang pada bagian bawah kancing, penyelesaian akhir pada bagian buruk dengan trens.

Gambar : Cara memasang kancing lubang dua dan empat

Sumber : www.google.com

  • Cara memasang kancing berkaki atau bertangkai

Adapun teknik memasang kancing yaitu, tentukan letak kancingnya terlebih dahulu dengan memberi tanda menggunakan benang yang disisipkan. Tusukkan jarum jahit melalui kain dan tangkai kancing, lalu tusukkan kembali ke dalam kain, lakukan beberapa kali tusukan. Lilitkan benang pada bagian tangkai kancing dengan beberapa lilitan sehingga kancing dapat berdiri tegak. Benang yang tembus pada bagian buruk kain diselesaikan dengan tusuk feston, terakhir beri tusuk penguat. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk memasang kancing bungkus pada pakaian.

Gambar : Cara memasang kancing berkaki atau bertangkai

Sumber : www.google.com

  • Cara memasang kancing kait atau hak

Adapun teknik memasang kancing kait/ hak yaitu, tandai posisi masing-masing lubang kancing kait untuk disesuaikan. Selipkan jarum pentul pada salah satu lubang dari kancing kait untuk menahan posisinya agar tidak berubah, lalu tusukkan jarum menembus kain di antara lubang kancing kait/ hak, usahakan jahitan tersebut tidak tampak dari bagian baik kain. Kemudian selesaikan dengan tusuk feston untuk memenuhi setiap lubang.

Gambar : Cara memasang kancing kait/ hak

Sumber : www.google.com

  • Cara memasang kancing tekan atau kancing jepret

Adapun cara memasang kancing tekan/ kancing jepret yaitu, buat tusuk jahitan awal pada tanda letak kancing. Pasangkan kancing yang timbul dengan tusuk balut atau tusuk feston berkepala, setiap lubang dibuat 3-5 tusuk jahitan. Usahakan hasil tusuk jahitan tersebut tidak tembus ke bagian baik kain. Tekankan bagian kancing yang timbul pada tempat kancing pipihyang  akan dipasangkan. Pasang kancing pipih seperti pemasangan kancing yang timbul. Untuk jenis busana yang berkualitas tinggi, kancing jepret dibungkus dengan bahan yang tipis dan sewarna dengan bahan busananya.

Gambar : Cara memasang kancing tekan/ kancing jepret

Sumber : www.google.com

Nah, sudah tau kan beberapa teknik memasang kancing di dunia jahit menjahit. Selamat mencoba…  



LEAVE A COMMENT