SEJARAH PERKEMBANGAN FASHION

Fashion didunia selalu berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan dunia fashion sangat berpengaruh pada perang, politik, budaya, pergerakan ekonomi, social dan banyak pendukung lain lagi yang ikut andil dalam mengubah fashion yang ada. Berikut merupaka sejarah perkembangan fashion didunia.

Tahun 1900-an – Feathered Hat

Pada tahun ini disebut juga dengan tahun “Plume Boom”, pemakaian topi dengan bulu asli mencapai pucaknya pada awal abad ke 20-an. Pemakaian bulu untuk aksesoris wanita ini mengakibatkan penurunan besar-besaran pada populasi burung, bahkan lebih parahnya ada beberapa jenis burung yang dianggap mendekati angka kepunahan.

Gambar : Feathered Hat

Sumber : www.google.com

Tahun 1910-an – Edwardian Corset

Pada tahun ini korset menjadi sesuatu pelengkap busana yang sangat penting digunakan. Wanita menganggap bahwa menggunakan korset akan membentuk payudara dan pinggul menjadi sempurna. Pada zaman ini, anggapan wanita selalu pada pernyataan bahwa rasa sakit adalah keindahan bentuk tubuh wanita ke tingkat yang sempurna.

Gambar : Edwardian Corset

Sumber : www.google.com

Tahun 1920-an – The Flapper Dress

Perubahan fashion wanita mulai bergerak dengan perubahan yang drastis pada tahun ini, dimana Gerakan Hak Pilih Perempuan dilaksanakan. Mode pakaian wanita menjadi lebih bebas dengan memakai riasan, memotong rambut, merokok, minum-minum, dan beralih ke pakaian berpotongan lurus, pendek, dan penggunaan bra yang dibuat setipis mungkin. Penampilan ini diciptakan oleh “Coco Channel” dengan istilah “Garconne”, wanita lebih bebas dalam bergerak dengan meninggalkan korset mereka.

Gambar : The Flapper Dress

Sumber : www.google.com

Tahun 1920-an – Flapper Headband

Bersamaan dengan The Flapper Dress, para wanita menjepit rambut mereka dengan penjepit dan memotong rambut dengan begitu pendek. Hal ini masih sering kita lihat, banyak artis Hollywood yang mengikuti trend rambut Flapper Headband.

Gambar : The Flapper Headband

Sumber : www.google.com

Tahun 1920-an – Cloche Hats

Penciptaan topi mode ini sebenarnya dirancang pada tahun 1908 oleh seorang wanita bernama Caroline Reboux, namun kepopulerannya menjadi naik pada tahun 1920-an.

Gambar : Cloche hats

Sumber : www.google.com

Tahun 1930-an – Puff Sleeves

Terdapat perubahan dari mode “Garcone” yang diusung oleh Chanel pada tahun 1920-an. Para wanita mulai kembali ke zaman yang lebih feminis untuk kembali memperlihatkan lekuk tubuh mereka dengan lebih menampilkan bentuk lengan yang menonjol.

Gambar : Puff Sleeves

Sumber : www.google.com

1940-an – Utility Dresses 

Perubahan mode fashion banyak dipengaruhi atas aspek apapun, salah satunya yang terjadi di masa ini. Pembuatan pakaian dibuat dengan tujuan tahan lama, terjangkau dan tidak modis. Para wanita menggulung lengan mereka, menggulung rambut, berdandan setipis mungkin dan harus bekerja seperti lelaki. Untuk mengurangi kebosanan akan fashion, para wanita masa itu sering mengunakan pakaian lama, seperti seprei atau bahan bekas untuk dibentu menjadi pakaian yang bisa digunakan kembali.

Gambar : Utility Dresses

Sumber : www.google.com

1940-an – High-Waisted Bikini

Pada decade sebelumnya, hanya ada satu pilihan pakaian renang yang bisa digunakan wanita, yaitu jenis one-piece. Namun pada decade ini, telah muncul model bikini dengan jenis two-piece yang lebih memamerkan bentuk tubuh wanita. Karena masih mendapatkan efek Perang Dunia Pertama, pembuatan bikini dibuat dengan sangat sederhana, polos, dan tanpa hiasan apapun.

Gambar : High-Waisted Bikini

Sumber : www.google.com

1950-an – The Poodle Skirt

Dengan berakirnya masa Perang dan krisis ekonomi, decade ini merupakan awal dari generasi penari Rock ‘n Roll. Para masyarakat merasa bahagia dan menari setiap saat. Para penari mendambakan pakaian yang menunjang gerakan mereka menjadi bebas dan tanpa batas. Maka diciptakanlah pakaian yang lebar dan banyak disebut dengan “pudel” rok, karena banyak ditampilkan gambar anjing diujung roknya. Rok selutut ini sering dipadupadankan dengan cardigan, syal, ikat pinggang besar, kaos kaki berenda dan sepatu jenis oxford.

Gambar : The Poodle Skirt

Sumber : www.google.com

1950-an – Saddle Shoes

Sepatu jenis ini awalnya diciptakan untuk keperluan olaharaga pada awal 1900-an, namun dengan munculnya tarian seperti Lindy Hop dan Jitterbug di tahun 50-an, sepat ini menjadi pilihan yang tepat.

Gambar : Saddle Shoes

Sumber : www.google.com

1950-an – Chansonette Bra

Saat decade ini, wanita mencari pakaian dengan menonjolkan bentuk siluet dengan indah dan bra jenis Chansonette menjawab kegundahan hati mereka. Bra jenis ini dipopulerkan pada tahun 1950-an dengan sebutan “bullet bra”. Bra ini tidak mempunyai busa ataupun kawat untuk menahannya, namun pada ujung bra terdapat kantong udara yang bertujuan untuk membantu payudara bernapas dengan nyaman.

Gambar : Chansonette Bra

Sumber : www.google.com

1950-an – Cat-Eye Glasses

Kacamata jenis ini dipopulerkan oleh Marilyn Monroe dalam film to Marry a Millionaire pada tahun 1953. Kacamata ini mejadi lebih dari sekedar aksesoris wanita pada zamannya di Amerika.

Gambar : Cat-Eye Glasses

Sumber : www.google.com

1960-an – Go-Go Boots

Dari Twiggy, The Beatles, dan Brigitte Bardot, wanita mulai mencoba sesuatu tren baru salah satnya pemakaian sepatu bot. Sebelumnya, tidak ada gagasan seorang wanita menggenakan sepatu bot untuk fashion. Go-Go Boots diambil dari Bahasa Perancis “La Gogue” yaitu untuk kebahagiaan, maksudnya sepatu bot plastic yang tinggi. Namun berjalannya waktu, ketinggian sepatu bot tidak menjadi unsur utama lagi, namun lebih melihat pada tinggi dan bentuk tumitnya.

Gambar : Go-Go Boots

Sumber : www.google.com

1960-an – Pearls

Pada abad pertengahan, (tahun 60-an) telah membawa pada fashion penggunaan Mutiara. Untuk mendapatkan jenis Mutiara yang lebih murah, banyak yang menciptakan imitasinya dari Mutiara yaitu terbuat dari plastik. Mutiara yang seharusnya mampu menyampaikan status social, namun saat itu pesan ini tidak mampu dilakukan dengan baik .

Gambar : Pearls

Sumber : www.google.com

1960-an – Pillbox Hats

Tahun sebelumnya, topi telah menjadi kebutuhan utama para wanita. Namun semua berubah pada tahun 60-an yang menjadikan topi sebagai aksesories saja. Bahkan menurut Vintage Fashion Guild, bahwa Gereja Katolik mengakhiri persyaratan mengenakan pemakaian topi pada masa tahun 1967. Topi kecil digunakan untuk para wanita menambah volume rambutnya, sedangkan topi floppy digunakan para pria untuk mencermikan kebebasan pada dirinya.

1960-an – Fringe

Gaya berbusana khas Indian Amerika menjadi tren yang unik pada masa itu.

Gambar : Fringe

Sumber : www.google.com

1970-an – The Crop Top

Pada era ini, perubahan social dan kebebasan semakin ramai. Banyak wanita yang berani mencoba sesuatu yang baru. Salah satunya adalah melalui artis cantik Catherine Bach yang memerankan Daisy Duke dalam film Dukes Of Hazzard di tahun 70-an, dan mampu menyihir jutaan manusia dengan busana yang dikenakannya pada saat itu, yaitu potongan denim pendek dan celana kotak-kotak. Dan dialah wanita pertama yang menujukkan perutnya pada public melalui televisi.

Gambar : The Crop Top

Sumber : www.google.com

1970-an – Wide-Brimmed Hats

Pada masa ini sudah menjadi pemandangan umum di setiap tempat bahwa banyak pria maupun wanita mengenakan topi bertepi lebar seperti seorang koboi.

Gambar : Wide-Brimmed Hats

Sumber : www.google.com

1970-an – Bell Bottoms

Salah satu item mode paling terkenal tahun70-an adalah celana Bell Bottom yang mampu di gunakan oleh wanita maupun pria. Sebenarnya celana ini mulai naik ditahun 60-an, namun baru pada tahun 70-an, celana ini dibuat lebih melebar dan diproduksi secara massal dengan kain yang beragam.

Gambar : Bell Bottoms

Sumber : www.google.com

1980-an – Shoulder Pads 

Pada era 80-an wanita mencari inspirasi fashion dari televisi, film, dan video musik. Wanita pada saat itu menjadi bagian besar dari sebuah perusahaan atau sebagai wanita karir. “Power Suit” menjadi pakaian wajib wanita untuk pergi bekerja, lengkap dengan bantalan bahu yang sangat empuk dan potongan yang lurus. Yang didapat dari mode ini adalah, semakin lebar bahunya, maka semakin kecil pinggang yang diciptakan.

Gambar : Shoulder Pads

Sumber : www.google.com

1980-an – Oversized Sunglasses

Kacamata hitam dengan bingkai besar menjadi popular di tahun 80-an, walaupun kacamata jenis ini telah digunakan sebelumnya pada tahun 60-an oleh Jackie Kennedy untuk bersembunyi dari para paparazzi. Desain fashion di tahun 80-an cenderung pada sesuatu yang besar, seperti kacamata besar, rambut besar,dan  bahu besar.

Gambar : Oversized Sunglasses

Sumber : www.google.com

1990-an – Floral Dresses

Ketika gaya over-the-top tahun 80-an mulai memudar, tahun 90-an merupakan tahun untuk menyambut gaya baru yang lebih santai.  Ini adalah pemikiran orang pertama di dunia bahwa bekerja bisa menggunakan setelan pakaian yang santai dan menjunjung nilai kenyamanan. Orang-orang mulai meninggalkan merk dan pakaian formal untuk kelas atas. Sebagai gantinya, banyak wanita mengenakan gaun bermotif bunga dan memadupadankan dengan rambut besar, jaket jeans, sepatu sneaker dan kaus kaki.

Gambar : Floral Dresses

Sumber : www.google.com

1990-an – Plaid

Pada tahun 90-an artis Cher Horowitz dalam filmnya Clueless tampil memukau dengan jaket kotak-kotak kuning cerah dan rok kotak-kotak kuning yang serasi, dan tampilannya mampu menghinoptis seluruh dunia untuk mengikutinya.

Gambar : Plaid

Sumber : www.google.com

1990-an – Chuck Taylors

Pada era ini fashion dunia melirik pada penggunaan sepatu. Chuck Taylors awalnya dibuat untuk para pemain bola basket, namun perkembangannya semakin terlihat dengan pesat di beberapa daerah. Sepatu ini identik dengan para pecinta grunge, punk rocker, dan rocker. Dan sampai saat ini sepatu inilah yang paling popular dikalangan sepatu lainnya.

Gambar : Chuck Taylors

Sumber : www.google.com

1990-an – Platform Shoes

Menurut Refinerym sepatu platform tidak selalu tentang mode atau fashion. Sepatu jenis ini digunakan untuk para bangsawan berjalan melalu lumpur (zaman pertengahan, membuat tinggi badan para orang-orang Yunani diatas panggung dan sebenanrmya sepatu jenis ini dulu dilarang oleh parlemen pada tahun 1970-an). Namun kejayaan sepatu jenis in kembali pada tahun 90-an setelah dibawakan oleh group Inggris Spice Girls di acara konser dan beberapa video klip mereka. Dan pada tahun itulah, Spice Girls diminta secara khusus oleh sebuah department store terkemuka yang telah memproduksi massal sepatu paltform untuk memperagakannya diatas fashion show dunia.

Gambar : Platform Shoes

Sumber : www.google.com

2000-an – Velour Track Suits

Diawal millennium diperkenalkan baju olahraga dengan warna-warna yang beragam. Salah satu selebritis yang membawakan ini pada era itu dan mampu membuat trend sehingga diikuti jutaan wanita didunia adalah Paris Hilton.

Gambar : Velour Track Suits

Sumber : www.google.com

2000-an – UGG Boots

Saat sebuah majalah fashion  menampilkan berita mengenai Cameron Diaz yang terlihat memakai sepatu boots, semua orang memperhatikan sepatu yang dipakainya dan mempunyai keinginan untuk memilikinya. Sepatu jenis ini bernama UGGs, merupakan merk Autralia yang naik kepopulerannya ditahun 2000-an.

Gambar : UGG Boots

Sumber : www.google.com

2000-an – Underwear as Outerwear

Kepopuleran pakaian dalam wanita sebagai pakaian luar menjadi naik daun ketika penyani Britney Spears mengenakannya dalam video klip “Slave 4 U”. Karena hal inilah, banyak orang dewasa dan remaja ikut melakukan hal serupa, mengenakan pakaian dalam atau bra sebagai pakaian luar mereka.

Gambar : Underwear as Outerwear

Sumber : www.google.com

2000-an – Statement Jewellery

Pada awal tahun 2000-an, banyak selebriti yang mengusung fashion dengan bling-bling atau kilauan. Dari anting, kalung, hingga cincin yang lebih besar dianggap lebih baik.

Gambar : Statement Jewellery

Sumber : www.google.com

Today

Saat ini, era ini dan zaman ini hampir terlihat diseluruh penjuru dunia bahwa getaran terjadi pada fashion dengan tema vintage.  Melihat melalui sejarah fashion yang telah terjadi, tren ini akan terus berkembang di klasik retro.

Gambar : Today

Sumber : www.google.com

Nah itulah sejarah fashion yang terjadi didunia. Fashion sampai kapanpun akan terus berubah, entah itu mencari hal yang baru atau akan mengalami kejadian kembali pada zaman dahulu.



LEAVE A COMMENT