PERBEDAAN TAILOR DAN MODISTE

Sering banget pertanyaan “apa sih bedanya tailor dan modiste?” muncul ke mimin. Nih mimin sudah siapkan penjelasannya. Simak di bawah ini yaaa…..

Tailor

Merupakan orang yang menjahit pakaian seperti kemeja, celana, rok, jas untuk lelaki dan perempuan.

Pembuatan busana tailoring memerlukan kecakapan khusus seperti keterampilan tangan, ketelitian, keuletan, kesabaran dan ketekunan dalam bekerja untuk menghasilkan busana yang rapid an bagus. Kecakapan khusus tersebut sangan diperlukan karena terdapat beberapa bagian yang harus dikerjakan dengan teliti dan sabar, seperti pembuatan tusuk piquer atau tusuk isi pada penyelesaian kelepak dan kerah bawah jas, pemasangan lapisan pada bahan dasar dan vuring, pemasangan bantal bahu dan sosis serta pemasangan kerah dan lengan jas.

Gambar : single breasted / kancing satu deret

Sumber : www.google.com

Gambar : double breasted / kancing dua deret

Sumber : www.google.com

Vest

Merupakan pelengkap jas yang dikenakan sebelum jas atau setelah pemakaian kemeja. Bentuk vest hampir sama dengan rompi, dengan panjang sampai pinggang dengan belahan pada bagian muka yang dikuatkan dengan kancing dan garis lehernya rendah agar dasi dapat terlihat dari luar. Pada bagian belakang bisa dipasang ban, gesper atau tali.

Gambar : vest

Sumber : www.google.com

Teknik menjahit dan teknik penyelesaian busana tailoring :

  1. Teknik menjahit busana tailoring menggunakan kampuh buka dengan penyelesaian zig-zag
  2. Pada busana tailoring, pelapis yang digunakan untuk kelepak atau rever dan kerah bawah yaitu pelapis yang terbuat dari rambut kuda/ bubat atau kufner
  3. Penggunaan vuring tertutup
  4. Bahan dasar bagian muka dilapisi kain gula dan kufner, pada bagian belakang kira-kira setengah badan dilapisi kain gula.

Modiste

Adalah wanita yang ahli dalam membuat pakaian wanita. Jadi, modiste merupakan nama profesi penjahit (menurut KBBI). Sedangkan menurut istilah mode, busana yang dijahit oleh seorang modiste adalah busana yang dijahit halus berdasarkan permintaan pelanggan.

Ciri-ciri busana buatan modiste :

  1. Jahitan halus. Walaupun dijahit dengan mesin, tidak banyak jahitan setik yang terlihat dari luar. Setik mesin kecil-kecil
  2. Model busana dibuat berdasarkan permintaan pelanggan. Oleh karena itu, model busana tidak selalu unik karena tergantung selera pelanggan.
  3. Ukuran busana berdasarkan ukuran tubuh pelanggan.
  4. Harga ongkos jahit dari tingkat menengah hingga tinggi. Semakin halus jahitan seorang modiste, semakin tinggi ongkos jahitnya.

 

Kini sudah paham kan perbedaan tailor dan modiste. Semoga bermanfaat….



LEAVE A COMMENT