MACAM MOTIF KAIN ULOS

Hai fashion peoples … siapa di sini yang sukapakai Ulos ? Taukah kalian, jika Ulos mempunyai macam warna dan corak lho ? Kira-kira apa saja ya ? Yuk simak artikelnya di bawah ini ….

 Ulos merupakan salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak Sumatera. Dari bahasa asalnya, ulos berarti kain. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khas Palembang, yaitu dengan menggunakan alat tenun bukan mesin.

Ulos biasanya berbentuk selendang, yang melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak-anaknya atau antara seseorang dengan orang lain. Pada mulanya fungsi Ulos adalah untuk menghangatkan badan, tetapi kini Ulos memiliki fungsi simbolik untuk hal-hal lain dalam segala aspek kehidupan orang Batak. Setiap ulos mempunyai ‘raksa’ sendiri-sendiri, ertinya mempunyai sifat, keadaan, fungsi, dan hubungan dengan hal atau benda tertentu. Dewasa ini tidak sedikit perancang busana yang terpesona akan corak dan motif ulos yang bermacam-macam.

Adapun beberapa corak kain Ulos, antara lain :

Ulos ragidup

Merupakan Ulos yang tertinggi derajatnya dan sangat sulit dalam pembuatannya. Ulos ini terdiri atas tiga bagian, yaitu dua sisi yang ditenun sekaligus, dan satu bagian tengah yang ditenum tersendiri dengan sangat rumit. Ulos Rangidup biasanya diberikan dalam upacara adat perkawinan dari orang tua pengantin perempuan kepada ibu pengantin laki-laki.

Gambar : Ulos Rangidup

Sumber : www.google.com

Ulos ragihotang

Merupakan salah satu Ulos dengan derajat tinggi, namun cara pembuatannya tidak serumit Ulos Rangidup. Ulos ini biasanya dijumpai dalam upacara kematian, yakni untuk membungkus jenazah dan tulang belulangnya.

Gambar : Ulos Ragihotang

Sumber : www.google.com

Ulos sibolang

Disebut sibolang sebab Ulos ini diberikan kepada ayah pengantin lelaki.

Gambar : Ulos Sibolang

Sumber : www.google.com

Ulos nametmet

Ulos ini tidak digunakan dalam upacara adat, tetapi hanya dipakai sehari-hari.

Ulos nabalga

Biasanya digunakan dalam upacara adat sebagai pakaian resmi atau hanya diserah terimakan.

Gimana, sudah tau kan motif corak kain Ulos



LEAVE A COMMENT